UNIT PENGELOLA KEGIATAN (UPK)

Unit Pengelola Kegiatan (UPK) adalah suatu lembaga yang di bentuk oleh masyarakat dalam forum MAD dan berfungsi membantu pengelolaan kegiatan termasuk menyalurkan dana bantuan masyarakat dalam PNPM. Dalam melaksanakan kegiatannya UPK bertanggungjawab terhadap forum Musyawarah Antar Desa sebagai wakil masyarakat se-kecamatan. UPK berperan mengelola dana exs PNPM untuk dikembangkan dan ditingkatkan. Mengembangkan dana exs PNPM dengan cara melayani Simpan Pinjam Perempuan (SPP).

Dalam struktur Kepengurusannya UPK umumnya terdiri dari Ketua, Bendahara, dan Sekretaris yang dibentuk pada forum Musyawarah Antar Desa (MAD). Tugas pengurus UPK antara lain:

1. Ketua UPK

Pengendalian Organisasi UPK secara menyeluruh. Memberika informasi kegiatan UPK ke masyarakat. Melakukan pembinaan manajemen dan administrasi kepada staf Pengurus UPK dan kelompok SPP. Memimpin Rapat pengurus UPK (Briefing). Mewakili lembaga UPK dalam pertemuan dengan aparat / lembaga terkait. Menandatangani surat-surat penting, Format Administrasi Keuangan dan Laporan. Bersama Tim Verifikasi manyetujui atau menolak pengajuan permohonan pinjaman/kredit SPP secara transparan, bijaksana dan dapat dipertanggungjawabkan. Menyetujui atau menolak pengajuan penggunaan dana dari sekretaris atau bendahara. Melakukan operasi kredit/penagihan pada kelompok SPP yang tidak lancar (nunggak/mancet). Menyampaikan hal-hal penting yang diperlukan dalam pembinaan dan pemeriksaan. Mempertanggungjawabkan pengelolaan UPK kepada masyarakat melalui Forum MAD dalam bentuk Laporan Pertanggungjawaban Pengaurus UPK.

2. Bendahara UPK

Bertanggungjawanb atas pengelolaan dan keamanan keuangan UPK baik Kas Tunai atau Rekening Bank. Mengamankan / menyimpan Buku Rekening Bank UPK. Mencatat transaksi keuangan masuk maupun keluar pada Buku Kas UPK dan Buku Bank UPK. Menandatangani Buku Kas dan Buku Bank pada setiap tutup buku UPK (akhir bulan). Memegang uang Kas Tunai PNPM dengan batas maksimal yang telah ditentukan. Merealisasikan pengeluaran / pencairan kepada kelompok SPP atas persetujuan Ketua UPK. Membuat perencanaan keuangan dan anggaran (cash flow biaya UPK dan cash flow perguliran) bersama Sekretaris dan Ketua UPK. Membuat Laporan Keuangan UPK secara rutin setiap bulan. Menyetorkan dan menarik uang dari Rekening Bank atas persetujuan Ketua UPK. Menyerahkan uang tunai, Buku Kas, Buku Bank dan Rek. Bank UPK bila dilakukan Cash Opname. Melakukan pembinaan administrasi dan manajemen pada kelompok SPP. Melakukan operasi kredit/penagihan pada kelompok SPP tidak lancar (nunggak/macet).
3. Sekretaris UPK
Bertanggungjawab atas segala pengarsipan dokumen administrasi UPK baik menyangkut Administrasi Keuangan UPK, Administrasi Laporan, Surat menyurat, Berita Acara dan Dokumen proses kegiatan PNPM. Melakukan pembinaan administrasi dan manajemen kepada TPK dan kelompok SPP. Menyampaikan informasi pertanggungjawaban pengelolaan keuangan UPK kepada masyarakat melalui papan informasi PNPM. Mencatat hasil keputusan rapat dalam bentuk Notulen. Mengisi dan mencatat agenda harian. Mengelola dan memelihara barang inventaris. Melakukan pencatatan transaksi pada pembukuan. Mewakili ketua UPK apabila ketua berhalangan. Merencanakan kebutuhan pengadaan barang ATK dan inventaris UPK. Mengecek validitas data dan hal-hal yang penting ditandatangani Ketua UPK. Membuat Laporan Bulanan atau laporan lainnya. Malakukan operasi kredit/penagihan pada kelompok tidak lancar (nunggak / macet).